Seputar GIS

TUGAS S.I.G - 3


Kali ini kita akan membahas tentang:
  1. MapObjects vs ArcObject. 
  2. Aplikasi GIS Dibidang Tertentu.
  3. Link Download Aplikasi GIS.
---


MapObject adalah salah satu perangkat komponen keluaran dari ESRI untuk software pemrograman GIS yang sangat handal. ESRI adalah salah satu perusahaan besar di dunia yang bergerak dalam bidang GIS. Kepanjangan dari ESRI adalah Environmental Systems Research Institute. Lalu mengapa MapOject yang digunakan? Karena dapat membuat sebuah aplikasi GIS yang berdiri sendiri tanpa harus ada ketergantungan aplikasi GIS lainnya. Selain itu juga dapat mengakomodir hampir semua kebutuhan kustomisasi yang ingin dilakukan pengguna.
Namun untuk mengimplementasikannya dibutuhkan biaya yang tidak sedikt karena komponen ini merupakan komponen yang berlisensi sehingga untuk mengimplementasikannya kita harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Pada saat ini, open source belum dapat mengeluarkan komponen gratis yang memiliki kemampuan minimal mendekati kemapuan MapObject.
 ---


ArcObject juga termasuk salah satu aplikasi dari ESRI yang memang disandingkan dengan ArcGIS. Idealnya ArcObject ini dipelajari dulu sebelum mempelajari berbagai aplikasi ArcGIS lainnya. Tidak dapat dipungkiri hal ini akan menyulitkan karena ArcObject lebih abstrak dibandingkan dengan aplikasi ArcGIS itu sendiri. Harus diakui akan lebih mudah mempelajari ArcMap dibandingkan dengan mempelajari model obyeknya, tetapi dengan memahami arcobject anda akan mengerti proses dibalik suatu perintah dalam ArcGIS.
Berbeda dengan MapObject, ArcObject bukan suatu produk sebagaimana MapObject. Anda bisa mendapatkan ArcObject dari tiga produk ESRI ArcGIS yaitu ArcGIS Desktop, ArcGIS Engine, dan ArcGIS Server. Jika salah satu dari ketiganya sudah di install pada komputer, maka secara otomatis anda mendapatkan ArcObject tersebut. Sebagai suatu model obyek, secara teknis ArcObject merupakan kumpulan/pustaka dari ribuan class-class yang memiliki properties dan method.
---

Salah satu bidang yang saya bahas terkait GIS adalah dibidang Kesehatan. GIS pada bidang kesehatan adalah analisis hubungan antara lingkungan hidup manusia dengan penyakit yang diderita, gizi dan sistem pelayanan kesehatan untuk menjelaskan hubungan timbal baliknya dalam ruang. Serta berhubungan dengan penilaian indikator kesehatan, tanggap  darurat, hingga untuk merencanakan sarana maupun prasarana kesehatan. GIS pada bidang kesehatan juga bagian dari geografi manusia yang berhubungan dengan aspek – aspek geografi dari (status) kesehatan dan (sistem) pelayanan kesehatan. Dalam kajian geografi kesehatan mengidentifikasi hubungan antar tiga komponen terkait dengan geografi penyakit, geografi pelayanan kesehatan dan geografi ilmu gizi, dengan analisis pada skala regional untuk pengintegarsian ketiga pendekatan itu. Namun dalam geografi kesehatan, ada 2 sub disiplin yang berkembang pesat yaitu geografi penyakit dan geografi pelayanan kesehatan.
Geografi sistem pelayanan kesehatan, berkaitan dengan perencanaan, manajemen dan jaminan pelayanan agar sesuai kebutuhan, merumuskan kebutuhan kesehatan masyarakat yang dilayani dan pola wilayah yang dilayani oleh pegawai kesehatan. Riset geografi atas pelayanan kesehatan dapat mengidentifikasi ketimpangan dalam pelayanan kesehatan antara wilayah satu dan yang lain dan alokasi sumber daya yang terbatas. Sebagai contoh mengalokasikan tenaga ke daerah – daerah yang membutuhkan dan membantu penempatan fasilitas kesehatan yang baru dan perluasan yang telah ada.

Manfaat GIS pada bidang kesehatan, yaitu :
  1. Perencanaan prasarana kesehatan & evaluasi, menganalisis distribusi dan karakteristik populasi yang kaitannya dengan infrastruktur kesehatan yang dapat memberikan wawasan yang lebih dalam kecukupan dan aksesibilitas dari fasilitas kesehatan di suatu daerah.
  2. Pengendalian dan survei penyakit infeksi/penyakit menular
  3. Menentukan distribusi geografis penyakit
  4. Menganalisis secara spasial tren temporal penyakit
  5. Memetakan populasi berisiko
  6. Menstratafikasi penyakit dan faktor risiko
  7. Menilai alokasi sumber daya kesehatan
  8. Merencanakan dan menargetkan intervensi kesehatan
  9. Memperkirakan terjadinya wabah
  10. Memantauan perkembangan penyakit dan intervensi dari waktu ke waktu
---

Aplikasi Ber-Lisensi (Berbayar)
  1. ArcGIS for Android Now on Amazon: http://www.amazon.com/gp/product/B007OWF3BI/ref=ArcGIS
  2. MapInfo®: http://www.pbinsight.com/welcome/mapinfo/
  3. MapServer: http://www.freegis.org/database/viewobj?obj=1272&_ZopeId=86436887A5V7py5fSCI
  4. ArcObject: http://edndoc.esri.com/arcobjects/8.3/Downloads/ArcObjectsDownloads.asp
  5. Quantum GIS 1.7.0: http://www.softpedia.com/get/Science-CAD/Quantum-GIS.shtml
  6. ArcScan: http://www.filestube.com/d/download+arcscan

Aplikasi Free (Gratis)
  1. ArcView 9.3.1: http://www.brothersoft.com/arcview-287201.html
  2. Bakosurtanal: http://www.bakosurtanal.go.id/bakosurtanal/download/
  3. Supported by ESRI: ArcExplorer, ArcGIS API for Flex, ArcGIS API for Silverlight, ArcGIS Desktop, ArcGIS Extensions, ArcGIS Runtime SDK for Windows Phone, ArcGIS Viewer for Flex, ArcIMS, ArcPad, ArcReader, Atlas GIS, BusinessMAP Tools, BusinessMAP Web, MapObjects, MapObjects LT, ModelBuilder, Press Images. Semua aplikasi tersebut download linknya dengan account yang telah terdaftar disini: http://www.esri.com/apps/products/download/


Sumber:

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Seputar GIS"