Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Kelas

Google: Korpus Raksasa Sanding Kata dalam
Pemelajaran dan Pengajaran BIPA



Bacalah makalah berikut :
Tugas :
  1. Tulislah gagasan-gagasan dasarnya!
  2. Analisislah cara pengungkapan gagasannya!

  1. Analisis laporan yang telah Anda baca tadi dari segi-segi berikut ini !
  1. Penggunaan bahasa yeng meliputi perumusan latar belakang, masalah, tujuan, isi, dan penutup.
Jawab: Penggunaan bahasa pada perumusan latar belakang :
Untuk Bahasa sudah cukup baik dan mudah dipahami namun dalam artikel ini terlalu banyak kalimat yang menggunakan bahasa inggris sehingga dalam artikel ini megunakan dua bahasa yaitu bahasa inggris dan bahasa indonesia. Mungkin ini akan menyulitkan pembaca yang kurang mengerti bahasa inggris.

  1. Isi yang meliputi (1) kelengkapan pendahuluan yang mencakup (a) latar belakang, (b) masalah, dan (c) tujuan, (2) kelengkapan dan kesesuaian bagian inti dengan bagian pendahuluan, (3) kelengkapan dan kesesuaian bagian penutup dengan bagian pendahuluan dan bagian inti yang mencakup (a) rangkuman hasil pembahasan, (b) kesimpulan, dan (c) saran.
(1)   a. Latar belakang
   Latar belakang yang diutarakan sudah sesuai dengan judul artikel tersebut. Terlihat dari pembahasannya yang membahas google sebagai media mesin pencari mampu memfasilitasi pemelajar BIPA mengatasi kesulitan sanding kata dalam bahasa Indonesia dan menemukan sanding.
b. Masalah
yang dihadapi pemelajaran BIPA adalah kemampuan menggunakan sanding kata bahasa Indonesia dengan tepat pada umumnya pemelajar bahasa asing sering memusingkan.
c. Tujuan
Tujuannya yaitu untuk menyediakan bukti bahwa mesin pencari Google mampu memfasilitasi pemelajar BIPA mengatasi kesulitan sanding kata dalam bahasa Indonesia dan menemukan sanding kata yang tepat dalam hitungan sepersekian detik. Sajian ini juga menunjukkan cara praktis mengakses, memilih, dan/atau menghasilkan sanding kata yang tepat dari sejumlah calon sanding kata potensial  dalam bahasa Indonesia. Mesin pencari Google merupakan korpus raksasa

(2)   Kelengkapan dan kesesuaian bagian inti dengan bagian pendahuluan.
Bagian inti dan bagian pendahuluan memiliki isi yang sama yaitu
Google: Korpus Raksasa Sanding Kata dalam Pemelajaran dan Pengajaran BIPA. Informasi yang diuraikan cukup lengkap dan detail.

(3)   a. Rangkuman pembahasannya sudah sesuai dengan pembahasan, karena di dalam rangkuman pembahasan juga membahas tentang bagaiman menggunakan sanding kata dalam pemelajaran bahasa asing
b. Kesimpulan. pada bagian kesimpulan juga telah sesuai dan sangat baik karena dari kesimpulan tersebut kita bisa mengetahui keseluruhan dari isi artikel ini.
c. Saran, untuk saran sudah sesuai dan dari saran tersebut kita bias mengetahui langkah-langkah apa saja yang harusnya kita lakukan dalam mengatasi masalah sanding kata yang dihadapi pemelajar BIPA.

  1. Teknik penulisan : 1) sistematika penulisan yang meliputi judul dan sub judul serta penandaan peringkat-peringkatnya, 2) penulisan rujukan dan daftar pustaka, 3) penyajian tabel dan gambar (jika ada).
Jawab :.
1)   Sistematika :
-             Sistematika pada artikel ini kurang baik dikarena terlalu banyaknya menggunakan tanda titik koma(;) dan kutip (‘) sehingga mengganggu dalam membaca artikel tersebut, untuk judul dan sub judul sudah baik karena ada jarak antara judul dan sub judul.
2)   Penulisan rujukan dan daftar pustaka
Unsurunsur yang perlu dicantumkan untuk referensi dari surat kabar atau majalah adalah:
1.        Nama Pengarang
2.        Tahun terbit
3.         Judul artikel : Menggunakan tanda petik dua atau garis miring
4.         Data Penerbitan : Dimana artikel itu dimuat (kota)

Benson, M., Benson, E., & Ilson, R. (1997). The BBI dictionary of English word combinations. Philadelphia: John Benjamins.


3)   Penyajian tabel dan gambar (jika ada).      
-             Penyajian Tabel
Penyajian table sudah baik karena pada table ada pembean warna antara field dengan isi-isinya.
-             Penyajian Gambar
Penyajian gambar di artikel ini sangat menarik ditambah gambar yang terlihat jelas dan warna gambar yang menarik dan baik.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Kelas"