Penggunaan Web Blog Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Paragraph-Based Writing

Bacalah makalah berikut :
Tugas :
  1. Tulislah gagasan-gagasan dasarnya!
  2. Analisislah cara pengungkapan gagasannya!

  1. Analisis laporan yang telah Anda baca tadi dari segi-segi berikut ini !
  1. Penggunaan bahasa yeng meliputi perumusan latar belakang, masalah, tujuan, isi, dan penutup.
Jawab: Penggunaan bahasa pada perumusan latar belakang :
Bahasa yang digunakan sulit dipahami karena penggunaan kata kurang tepat, seperti :
-          ”Program Studi Studi Pendidikan Bahasa Inggris”. Pengulangan kata harusnya dihubungkan oleh tanda baca yaitu tanda strip. Penggunaan tanda baca ‘-‘ (strip) ditulis rapat dengan kata sebelum dan sesudahnya, kecuali jika diartikan dengan ‘dikurangi.’ Contoh : sia-sia, 8 - 7, dan sebagainya.
-          satu individu mahasiswa”. Perpaduan kata yang digunakan kurang baik. Kata “individu” sudah menunjukkan bahwa kata tersebut tunggal, maka seharusnya tidak di padukan dengan kata “satu”.
-          Adapun kelebihan dari penggunaan bahasa artikel tersebut yaitu informasi yang di uraikan sudah cukup lengkap dan mempunyai contoh-contoh uraian pada setiap penjelasan. Sehingga membuat pembaca dapat memahami lebih dalam tentang artikel tersebut.

  1. Isi yang meliputi (1) kelengkapan pendahuluan yang mencakup (a) latar belakang, (b) masalah, dan (c) tujuan, (2) kelengkapan dan kesesuaian bagian inti dengan bagian pendahuluan, (3) kelengkapan dan kesesuaian bagian penutup dengan bagian pendahuluan dan bagian inti yang mencakup (a) rangkuman hasil pembahasan, (b) kesimpulan, dan (c) saran.
(1)   a. Latar belakang
Latar belakang yang diutarakan sudah sesuai dengan judul artikel tersebut. Sehingga memberi pemahaman awal tentang Paragraph-based Writing (PBW).
b. Masalah
Masalah tertuju pada kelemahan metode pembelajaran Paragraph-based Writing (PBW), pada media elektronik yang digunakan pada PBW, dan metode pengajaran PBW selama ini yang masih berkesan konvensional dan manual.
c. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai antara lain :
-       Menulis melalui media blog, menjadikan karya-karya mahasiswa mampu diakses setiap pengguna internet dan juga akan membantu mahasiswa untuk belajar mempublikasikan tulisan-tulisan mereka sehingga layak untuk dibaca.
-       Mata kuliah Paragraph-based Writing, diantaranya adalah efektif, praktis dan mudah.
-       Membantu penerapan dalam PBW, sehingga lebih efektif.
(2)   Kelengkapan dan kesesuaian bagian inti dengan bagian pendahuluan.
Bagian inti dan bagian pendahuluan memiliki isi yang sama yaitu penggunaan dan tata cara penulisan blog mahasiswa yang ada pada mata kuliah PBW. Informasi yang diuraikan cukup lengkap namun ada bagian kata yang tidak sesuai dengan judul artikel.
(3)   a. Rangkuman pembahasannya sudah sesuai dengan pembahasan PBW, karena di dalam rangkuman pembahasan juga membahas tentang bagaimana penggunaan web blog dan efektivitasnya sebagai model pembelajaran mata kuliah Paragraph-based Writing.
b. kesimpulan, pada bagian kesimpulan juga telah sesuai dengan artikel yang dibahas.
c. saran, sudah sesuai pada artikel  tentang PBW.

  1. Teknik penulisan : 1) sistematika penulisan yang meliputi judul dan sub judul serta penandaan peringkat-peringkatnya, 2) penulisan rujukan dan daftar pustaka, 3) penyajian tabel dan gambar (jika ada).
Jawab :
1)   Penggunaan tanda baca yang tidak tepat, seperti :
-       “dengan jumlah tugas yang diberikan dosen; metode pembelajaran seperti ini tidak membutuhkan alat bantu lain selain kertas sehingga terkadang menimbulkan kebosanan; “. Penggunaan titik koma kurang tepat karena tidak sesuai pada tempatnya.
-       www. Mybloglog.com” dan ”www.blogger. com”. penulisan situs web tidak boleh menggunakan spasi setelah tanda baca titik.
-       Paragraf akhir dengan sub judul tidak ada jarak pemisah paragraf.
2)   Penulisan rujukan dan daftar pustaka
Unsurunsur yang perlu dicantumkan untuk referensi dari surat kabar atau majalah adalah:
1.                  Nama Pengarang
2.                  Tahun terbit
3.                  judul artikel : Menggunakan tanda petik dua atau garis miring
4.                  Data Penerbitan : Dimana artikel itu dimuat (kota)

Contoh :
Alwasilah, A. Chaedar. 2000. Perspektif Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia dalam Konteks Persaingan Global. Andira: Bandung.

3)   Penyajian tabel dan gambar (jika ada).      
Penyajian gambar ditampilkan tapi gambar detilnya kurang besar sehingga ketika memperhatikan gambar, harus di perbesar terlebih dahulu.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Penggunaan Web Blog Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Paragraph-Based Writing"