JAVA Application Programming Interface (API)


Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di komputer atau di telepon genggam. Java juga merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek (OOP) yaitu cara ampuh dalam pengorganisasian dan pengembangan perangkat lunak. Pada OOP, program komputer sebagai kelompok objek yang saling berinteraksi. Deskripsi singkat OOP adalah mengorganisasikan program sebagai kumpulan komponen yang disebut dengan objek. Program java tersusun dari bagian-bagian yang disebut kelas. Kelas itu sendiri terdiri atas metode-metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya.

Para pemrogram Java banyak mengambil keuntungan dari kumpulan kelas di pustaka kelas Java, yang disebut dengan Java Application Programming Interface (API). Kelas-kelas ini diorganisasikan menjadi sekelompok yang disebut paket (package). Jadi ada dua hal yang harus dipelajari dalam Java, yaitu mempelajari bahasa Java dan bagaimana mempergunakan kelas pada Java API. Kelas merupakan satu-satunya cara menyatakan bagian eksekusi program, tidak ada cara lain. Sedangkan pengertian API itu sendiri ialah seperangkat fungsi standar yang disediakan oleh OS atau Bahasa. Dalam Java, API dimasukkan ke dalam package-package yang sesuai dengan fungsinya.

            Beberapa fungsi java yaitu java merupakan bahasa yang sederhana. Java dirancang agar mudah dipelajari dan digunakan secara efektif. Java tidak menyediakan fitur-fitur rumit bahasa pemrograman tingkat tinggi, serta banyak pekerjaan pemrograman yang mulanya harus dilakukan manual, sekarang digantikan dikerjakan Java secara otomatis seperti dealokasi memori.

 

 
 
Penjelasan Program :

System.out.print () dan System.out.println () merupakan dua instruksi dasar untuk menampilkan informasi. Secara umum untuk menampilkan informasi ke layar digunakan perintah System.output () atau System.out.println (). Perbedaannya terletak pada posisi kursor setelah informasi tercetak di layar. Jika kita menggunakan System.out.print () maka posisi kursor ada di posisi akhir setelah informasi yang ditampilakan, sedangkan kita menggunakan System.out.println () posisi kursor ada pada baris berikutnya.

Gunakan pasangan kurung buka “(“ dan kurung tutup “)” pada ekspresi matematis seperti pada program diatas. Pada System.out.print () atau System.out.println (). Beberapa informasi yang akan ditampilkan dipisahkan dengan karakter (+), karakter penjumlahan (+) berarti penggabungan string. Berbeda dengan operator aritmatika dan operator logika. Cara penulisannya harus di ikuti dengan tanda “ “ sehingga dapat membandingkan nilai variable. Dan jika kita membuat program seperti ini System.out.println z=x/y; saja tanpa menambahkan System.out.println maka hasilnya adalah “8” tanpa ada penjelasan 16/2. Itu disebabkan karena ekspresi tersebut merupakan informasi pertama yang akan ditampilkan.

Pada program diatas menggunakan tipe data yang diproses tipe data lain, misalnya data string angka diproses sebagai data numerik. Dalam situasi seperti ini diperlukan konversi tipe data yaitu Type-Casting. Type-Casting adalah istilah dimana suatu data ‘dipaksa’ menjadi tipe data lain secara sementara pada saat akan diproses.

Int atau integer jika dipakai menggunakan tipe data bilangan bulat. Jika bilangannya pecahan maka menggunakan double. Jika karakter berarti menggunakan char, Boolean untuk tipe data logika dan yang terakhir string adalah tipe data karaketer.

Variable yang terlibat dalam perhitungan ini, x dan y, bertipe int; sedangkan variable untuk menampung hasil perhitungan z bertipe double. Ada satu aturan bahwa jika variable yang terlibat semuanya bertipe ilangan bulat, hasil perhitungan pun akan bertipe bilangan bulat tidak tergantung pada tipe variable penampungnya. Dengan kata lain diambil bagian integernya saja. Konsekuensinya adalah hasil proses yang terjadi memiliki kesalahan. Jika salah satu atau semua operand yang terlibat dalam ekspresi matematis bernilai pecahan maka hasilnya juga pecahan.

Penulisan (double) x menyatakan bahwa dalam proses perhitungan ini nilai x diubah menjadi tipe double. Nilai aktualnya tetap dalam tipe int. perubahan ini hanya bersifat sementara pada saat proses perhitungan dilakukan. Dalam hal ini yang diubah menjadi pecahan hanya variable x, sedangkan variable y tetap.



 
//awal memulai program java selalu dengan class
//contoh dengan nama TypeCasting
public class TypeCasting {
    //memulai penulisan method selalu menggunakan void
    //method bernama main
    public static void main (String[] args{
          //menulis fungsi untuk mencetak
          System.out.println("Contoh Sederhana Program Java");
                    System.out.println("*****************************");
                    //memasukkan deklarasi variable
                    int x = 19;
                    int y = 2;
                    double z = (double)x/y;
 
                    //menulis fungsi untuk mencetak
                    System.out.println (x + " / " + y + " = " + z);
    //akhir dari method main
    }
//akhir dari class TypeCasting
 }


Dalam program java memiliki bagian-bagian struktur. Adapun bagiannya yaitu class, method dan deklarasi variable sesuai dengan contoh program dibawah, yaitu :
 
·        Class : Class pada java terbentuk atas atribute (variabel/ciri-ciri) dan behaviour (fungsi). Class mengizinkan Anda dalam mendeklarasikan tipe data baru. Ia dijalankan sebagai blueprint, dimana model dari object yang Anda buat berdasarkan pada tipe data baru ini.
·        Method : Sebuah method menjelaskan behaviour dari sebuah object. Method juga dikenal sebagai fungsi atau prosedur.
·        Variabel : Item yang digunakan data untuk menyimpan pernyataan dari objek.

Selain itu terdapat pula bagian struktur lainnya yang ada diluar program dibawah, yaitu :

·        Object : Sebuah entiti yang memiliki keadaan, behaviour dan identitas yang yang tugasnya dirumuskan dalam suatu lingkup masalah dengan baik. Inilah instance sebenarnya dari sebuah class. Ini juga dikenal sebagai instance. Instance dibuat sewaktu Anda meng-instantiate class menggunakan kata kunci new.
·        Atribut : Atribut menunjuk pada elemen data dari sebuah object. Atribut menyimpan informasi tentang object. Dikenal juga sebagai member data, variabel instance, properti atau sebuah field data.
·        Konstruktor : Sebuah tipe khusus dari method yang digunakan untuk membuat dan menginisialisasi sebuah object baru. Ingat bahwa konstruktor bukan member (yaitu atribut, method atau inner class dari sebuah object).


Sumber :



Read Users' Comments (2)

2 Response to "JAVA Application Programming Interface (API)"

  1. Anonim, on Rabu, Oktober 20, 2010 6:24:00 AM said:

    Sebelumnya Sya mnta m,af y Mba',.
    cz sya bru mw bljar API,
    bsa tl0ng d ksh cntoh untk membuat program yg sederhana gk Mba'?,..
    N applikasi Pembuat program API bsa d share jg gk Mba'?,.

  2. Ferry Rudiyanto, on Sabtu, Januari 03, 2015 3:29:00 PM said:

    Makasih infonya mbk