Proses Skripsi - Gunadarma

Setelah gw dapet SK dari proposal yg gw ajuin sebelumnya, gw mulai melakukan bimbingan ke Pak Ravi. Karena di proposal sebelumnya gw udah otomatis nunjukin judul sampai isi rangkuman skripsi gw, jd pas ketemu Pak Ravi (lagi), gw ngajuin Bab 1 & Bab 2. Setiap dosen pembimbing beda-beda karakter. Kalau Pak Ravi orangnya easy going aja. Selama kita bikin tulisan dan program dengan benar, beliau OK OK saja.

Bab 1 & Bab 2 lolos. Janjinya sih 1 bln lagi balik lagi untuk bimbingan. Ehhh...karena kerjaan SAP dadakan yg berbulan2 menyita waktu, mau gak mau skripsi gw terbengkalai. Selama sibuk SAP, gw berusaha untuk selesain program gw dulu. Karena percuma bikin tulisan tp program belum kelar. Nanti klo ada rombakan program, tulisan pun dirombak jg pastinya. Jd mending kelarin program dulu, baru ngebut tulisan.

Program udah 60% progressnya, akhirnya gw dateng lg bimbingan. Komentar Pak Ravi cm bilang "bagus, bisa dijual". Beliau cuma bilang kalau pun salah, paling nanti pas sidang revisi. Hehehe... Beliau tidak memberatkan anak bimbingannya dalam menjalankan skripsinya. Dosen paling mengerti mahasiswa deh. Apalagi kayak gw yg mahasiswa malem, kuliah sambil kerja. Mikirin kerjaan aja udah pusing, apalagi mikirin skripsi. Beliau gak sepenuhnya OK untuk semua tulisan/program lolos begitu saja, beliau kadang memberikan masukan. Gw pribadi waktu itu diberikan masukan untuk program gw. Tp itu gak sulit. Alhamdulillah Pak Ravi gak neko-neko masalah kayak gitu. Bersyukur banget deh pokoknya. hihihi...

Karena kerjaan SAP yg tak kunjung memberikan ruang lebih buat selesain skripsi tepat waktu,  akhirnya gw nambah 1 semester lagi untuk selesain skripsi gw. Gw jg dikasih cuti 1 bln sm kantor untuk selesain skripsi gw. Alhamdulillah orang-orang kantor pengertian mau kasih waktu 1 bln full gak kerja, dan fokus ke skripsi gw.

Selama 1 bln gw selesain tulisan. Mondar mandir ke perpus dikampus H. Sempet sakit 1 minggu jg. Tp akhirnya kelar dan langsung bimbingan terakhir ke Pak Ravi. Waktu itu gw ngajuin Program finish 100%, Tulisan Bab 3 & 4. Nah kan waktu itu udah mepet, tp gw akhirnya bilang ke Pak Ravi mau daftar sidang secepatnya, akhirnya Pak Ravi mengabulkan. Langsung TTD Acc hari itu juga. Meskipun Bab 5 gw blm ngajuin. Hehehe...

Oke.. Skrg waktunya ngasih tau tata cara daftar sidang skripsi. Berikut step-step nya:
  1. Kalau udah di Acc sama dosen pembimbing. Langsung minta TTD Acc 2X. 1 (satu) TTD di lembar Acc yg ada dibuku bimbingan. 1 (satu) TTD lagi bisa download disini Download Lembar Acc Skripsi. Jadi inget yah, harus minta TTD Acc nya 2 kali.
  2. Kalau udah minta TTD Acc dosen, langsung siapin berkas2 lain untuk diserahin ke Sekjur (Gd. 4 Lt. 2). Berkas2 yg dimaksud antara lain:
  3. Urus bebas perpus dulu ke Loket perpus yg letaknya ada di sebrang loket kalau kita mau daftar UM. Atau nama lainnya Gd. 4 Lantai 1.
  4. Bebas keuangan. Jadi kumpulin semua blanko pembayaran semester 1 - 8, nah blanko itu serahin ke loket keuangan (Loket 27). Nanti sama mereka dikasih kertas 1 lembar, dan di TTD.
  5. Validasi nilai. Bagi yg pernah UM Ujian Utama tapi setelah UM blm divalidasi nilainya, nah itu print out dulu DNU (Daftar Nilai Utama) yg ada di studentsite trs serahin ke loket validasi untuk di validasi (Cap+TTD).
  6. Nah setelah semuanya kelar, kalian dateng ke sekjur dan bilang mau daftar sidang. Serahin berkasnya dalam bentuk berkas asli dan berkas fotokopian: Lembar Acc, Buku bimbingan (didalamnya ada lembar Acc juga), Validasi nilai, Sertifikat PI, Sertifikat Workshop, Sertifikat Kursus, KRS, bebas keuangan (dilembar belakang kertas yg dikasih sama bagian keuangan, tulis NPM, Nama, Fakultas, Jurusan, Tempat & Tgl Lahir, Alamat Lengkap, Kota, Kode Pos, No. Tlp, dan Alamat email.
  7. Setelah di cek sama bagian sekjur dan semua udah "OKE", kita bisa langsung ke loket daftar sidang dengan menyerahkan lembar bebas keuangan yg udah kita tulis NPM, Nama, dll. Terus tempelin juga foto ukuran 2X3 sebanyak 2 lembar di lembar fotokopi bebas keuangan tadi.
  8. Jangan lupa upload foto di studentsite masing-masing.
  9. Setelah itu, kita dapet lembar jadwal sidang yang dikasih sama loket bagian daftar sidang.
  10. Lembar itu jangan sampai hilang, karena akan terus berlaku sampai kita ambil ijazah.
Info lain terkait sidang skripsi dan jadwal sidang skripsi bisa dilihat disitu http://baak.gunadarma.ac.id/sidang/


Read Users' Comments (6)

6 Response to "Proses Skripsi - Gunadarma"

  1. Adam Biarangga, on Kamis, Maret 20, 2014 4:19:00 PM said:

    Pak ravi emang jadi favorit kebanyakan mahasiswa di gunadarma..

    tapi sayangnya saya gak dibimbing sama pak ravi,, :-D..

  2. Sulimah, on Kamis, Maret 20, 2014 5:06:00 PM said:

    iya.. Pas denger cerita tmn yg lain tentang DP mereka, tetep aja Pak Ravi paling baik dan murah senyum banget ^^

  3. Dyah Prabawati, on Jumat, Agustus 22, 2014 8:26:00 PM said:

    mbak, pas di dalem ruang sidang berapa jam ya? katanya bisa sampe 2 jam. waah saya jadi deg-degan nih >.<

  4. Sulimah, on Kamis, Agustus 28, 2014 4:02:00 PM said:

    Kurang lebih cuma setengah jam aja.

    Kmrn itu saya stress nunggu dipanggilnya. Nunggu dari jam 9, tp baru dipanggil mendekati jam makan siang, sekitar jam stgh 12. Dzuhur udah selesai. Alhamdulillah cepet. Pengujinya baik2. Kalau skripsi asalkan materi judulnya gak berat dan pengujinya jg gak rese, kyna bakal cepet deh. Kecuali sebaliknya atau sidangnya kompre, pasti agak lama.

  5. zahrah, on Minggu, Februari 01, 2015 2:30:00 PM said:

    Hai ka, untuk point nmr 5 validasi nilai, itu ke loket mana ya?
    Saya pernah um utama, tp blm pernah validasi soalnya.
    Tolong bales yaa kaa, email aku : zahrahfaza@yahoo.com
    Makasih kaka..

  6. Sulimah, on Kamis, Februari 05, 2015 8:44:00 AM said:

    udah di blz via email ya..