DAFTAR PUSTAKA, KUTIPAN DAN CATATAN KAKI

Pada artikel ini saya akan menjelaskan secara singkat beberapa bagian dari penulisan ilmiah, karya tulis ataupun sebuah buku yang sering kita jumpai sehari-sehari. Adapun bagian dari hal tersebut antara lain :


A.         DAFTAR PUSTAKA

Penjelasan daftar pustaka menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah susunan daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit, dan sebagainya. Daftar pustaka tersebut ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau buku dan disusun berdasarkan abjad. Adapun daftar itu sendiri didefinisikan sebagai catatan sejumlah nama atau hal yang disusun berderet dari atas ke bawah.
Penjelasan lain tentang daftar pustaka juga datang dari Gorys Keraf (1997). Goys mengatakan bahwa Daftar Pustaka atau Bibliografi adalah sebuah daftar yang berisi judul-judul buku, artikel, dan bahan penerbitan lainnya, yang didalamnya mempunyai pertalian dengan penulisan yang sedang di garap.

Salah satu fungsi dari daftar pustaka adalah :
§        Untuk memberikan arahan bagi para pembaca buku atau karya tulis yang ingin meneruskan kajian.
Kutipan Tidak Langsung adalah kutipan yang ditulis tidak menyerupai dengan sumber aslinya. Pengutip hanya menuliskan pokok pikiran dari sumber yang dikutip untuk dinyatakan kembali ke tulisannya dengan bahasa sendiri tanpa g bersangkutan.
§       Untuk memberikan apresiasi (penghargaan) terhadap penulis buku atau karya tulis yang dirujuk terhadap hasil karyanya yang turut menyumbang peranan dalam penulisan karya tulis tersebut.
§      Dan fungsi lain daftar pustaka yang tak kalah penting adalah menjaga profesionalitas terhadap tulisan tersebut kepada penulis.


Adapun syarat-syarat penulisan daftar pustaka yaitu daftar pustaka disusun berdasarkan urutan alfabet, berturut-turut dari atas ke bawah, tanpa menggunakan angka arab (1,2,3,dst). Dibawah ini adalah contoh menggunakan satu pengarang dan lebih dari satu pengarang.


Contoh :

Nova, Irhaz dan Imam Maliq. 1990. Bahasaku Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia.

Sulimah. 2010. Kajian Bahasa IndonesiaJakarta : Gramedia.


B.         KUTIPAN

Kutipan adalah pengambil alihan suatu kalimat, gagasan, ide atau pendapat dari karya tulisan orang lain untuk tujuan ilustrasi atau memperkokoh argument dalam tulisan itu sendiri. Proses pengambilan gagasan itu sendiri disebut mengutip. Gagasan itu bisa diambil dari kamus, ensiklopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainya.
Kutipan sering kita pakai dalam penulisan karya ilmiah. Bahan-bahan yang dijadikan sebagai kutipan adalah bahan yang belum menjadi pengetahuan umum orang banyak.
Terdapat dua jenis kutipan antara lain :

§       Kutipan Langsung adalah kutipan yang ditulis menyerupai dengan sumber aslinya, baik bahasa maupun ejaannya. Contohnya seperti :

Menurut Gorys Keraf dalam bukunya Argumentasi dan Narasi (1983:3), argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara.
Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara.

§       Kutipan Tidak Langsung adalah kutipan yang ditulis tidak menyerupai dengan sumber aslinya. Pengutip hanya menuliskan pokok pikiran dari sumber yang dikutip untuk dinyatakan kembali ke tulisannya dengan bahasa sendiri tanpa menjiplak dari penulis aslinya. Contohnya seperti :

Seperti dikatakan oleh Gorys Keraf (1983:3) bahwa argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis.
Argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis.



C.         CATATAN KAKI

Catatan kaki (footnote) adalah suatu keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembaran karangan ilmiah. Catatan kaki biasa digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar, menjelaskan sumber kutipan atau sebagai tambahan informasi. Hubungan antara catatan kaki dan teks biasanya dijelaskan dalam nomor (1,2,3,dst) atau tanda satu bintang atau dua bintang,dst (*/**).

Contoh sederhana catatan kaki yaitu :

Menurut ilmuwan, matahari adalah sangat besar.[1] Tetapi bulan, tidak terlalu besar.[2] Banyak komet yang berasal dari luar tata surya akan masuk ke dalam tata surya untuk mengelilingi matahari.[1]

1.      Miller, E: "Matahari", halaman 23. Academic Press, 2005
2.      Smith, R: "Ukuran Bulan", Jurnal Ilmuwan, 46(78):46



D.         PERSAMAAN DAN PERBEDAAN DARI KETIGANYA

Persamaan dari ketiga bagian di atas, bisa kita ketahui tujuan dan fungsi dari Daftar pustaka, Kutipan dan Catatan kaki antara lain :

1.      Untuk memberikan informasi dari setiap kata atau kalimat yang ditulis oleh penulis.
2.      Sebagai penghormatan/penghargaan kepada orang yang pendapatnya telah dikutip di dalam karya ilmiah
3.      Sebagai pembuktian akan kebenaran dari penulisan tersebut.
4.      Sumbernya sama-sama bisa diambil dari kamus, ensiklopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainya.

Perbedaan dari ketiganya adalah :

1.      Dari segi penempatan dan cara penulisan sumber referensi di dalam penulisan karya ilmiah itu sendiri berbeda dari cara penempatannya.



Sumber:

Read Users' Comments (1)Comment

1 Response to "DAFTAR PUSTAKA, KUTIPAN DAN CATATAN KAKI"