Pengaturan Memori yang Dapat Dilakukan oleh Sebuah Sistem Operasi Windows XP


Saat ini istilah memori digunakan untuk menggambarkan ruang penyimpanan data yang datang ke dalam chip komputer, dan kata penyimpanan itu sendiri digunakan untuk menggambarkan memori yang ada di dalam hard disk sebagai media penyimpanan yang permanen, dan RAM berguna untuk media penyimpanan data sementara. Data tersebut diolah dalam sistem computer terhadap berkas-berkas (file). Keduanya sangat mutlak dibutuhkan oleh sistem komputer Beberapa komputer saat ini juga menggunakan memori virtual, yang memiliki daya yang besar pada sebuah hardisk. Sistem Operasi nantinya akan bertugas untuk meletakkan proses didalam memori yang dioptimalakan semaksimal mungkin agar dapat menghasilkan kinerja yang efisien dan efektif pada komputer. Untuk mengoptimalakan kinerja memori tersebut maka kita memerlukan pengaturan memori yang baik dan benar. Pengaturan memori ini dilakukan oleh sistem operasi pada komputer kita contohnya pada Windows XP.

Pengaturan memori pada Windows XP sendiri telah menggunakan virtual memori. Virtual memori adalah sebuah mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian dari memori sekunder seolah-olah ia menggunakannya sebagai RAM fisik yang terinstal di dalam sebuah sistem. Mekanisme ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas di dalam hard drive yang disebut dengan swap file, page file atau swap partition. Data proses dapat dipindahkan atau bisa diproses kembali oleh RAM sehingga kinerjanya bisa lebih cepat dan tepat. Tetapi pada windows XP penggunaan virtual memori lebih dikurangi dengan mengoptimalkan memori pool.

Cara pengaksesan Virtual Memory pada windows XP dapat dilakukan dengan cara :
§     Start >> Pilih Control Panel >> Kemudian pilih System
Atau
§     Start >> Run >> Ketikkan “Sysdm.cpl” (tanpa kutip) >> Kemudian klik OK

Jika komputer atau laptop yang menggunakan OS Windows XP tiba-tiba muncul pesan “Virtual Memory Minimum To Low“? .Ini terjadi karena paging filenya terlalu kecil, sehingga virtual memory tidak kuat untuk membuka aplikasi yang kita butuhkan, meskipun RAM yang terpasang sudah diatas 1 GB.
Cara merubah paging file ikuti langka-langkah sebagai berikut:
1.   Klik kanan my komputer, pilih properties
2.   Pilih tab advanced, pilih performance, klik setting
3.   Pilih tab advanced, klik change.
4.   Di custome size ubah isi dari : (1) initial size >> isi dengan nilai tidak lebih besar dari maximum size dan (2) maximum size >> isi dengan nilai terserah (default komputer biasanya besarnya ± 3x memori virtual). Ukuran page file yang direkomendasikan adalah 1,5 kali kapasitas RAM yang terpasang di komputer. Jadi, seandainya RAM yang terpasang di komputer berkapasitas 256 MB maka ukuran page file-nya adalah 256x1,5=384 MB. Kemudian isikan nilai tersebut pada kotak Initial Size dan Maximum Size. Pengaturan page file yang sama ukurannya pada Initial Size dan Maximum Size ini biasa disebut dengan static size.
Untuk mendapatkan kinerja virtual memory yang lebih baik, ukuran page file dapat diatur secara dinamik seperti berikut. Atur Initial Size sebesar 1,5 kali kapasitas RAM dan Maximum Size sebesar 3 kali kapasitas RAM. Jadi, seandainya RAM yang terpasang di komputer berkapasitas 256 MB maka ukuran page file untuk :
Initial Size adalah 256 x 1,5 = 384 MB, dan
Maximum Size adalah 256 x 3 = 768 MB. 
5.   Kemudian klik set
6.   OK OK OK  dan OK


Salah satu penyebab yang timbul karena adanya keterbatasan pada kapasitas RAM (Random Access Memory) di komputer yaitu lambatnya kinerja komputer saat menjalankan beberapa aplikasi/program secara bersamaan (multiple task). Untuk mengatasi hal ini, apabila mempunyai dana yang cukup, maka penambahan kapasitas RAM bisa menjadi solusi utama. Namun jika dana yang tersedia belum cukup, maka alternatif lainnya adalah dengan menggunakan virtual memory.

Itulah penjelasan sedikit tentang bagaimana proses tentang pengaturan memori yang dapat dilakukan oleh sebuah sistem operasi Windows XP. Pada saat ini, pengguna komputer dimudahkan dengan banyaknya jenis sistem operasi yang tersedia. Masing-masng jenis Sistem Operasi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Pengguna komputer dapat memilih Sistem Operasi mana yang di sukai untuk di pakai di komputernya. Sistem operasi yang populer yang tersedia misalnya Linux. Sistem Operasi Linux ini memiliki banyak sekali jenis. Untuk lebih jelanya silahkan baca artikel mengenal linux. Sistem Operasi yang populer juga bagi pengguna komputer adalah dari windows dan Mac OS. Contohnya pada tulisan saya ini yang membahas masalah memori sistem operasi pada Windows XP. Semoga bermanfaat.


Sumber :

Read Users' Comments (2)

2 Response to "Pengaturan Memori yang Dapat Dilakukan oleh Sebuah Sistem Operasi Windows XP"

  1. rendy, on Selasa, Maret 01, 2011 7:39:00 PM said:

    nais info....
    thank's senior....

    pertanyaan tentang C ++
    jika a = 20 , b = 30
    pertanyaan :
    a. ingkaran (-) a (ga bisa pake simbol
    b. ingkaran (-) b
    c. a & b
    d. a || b

  2. mahasiswa teladan, on Kamis, Mei 30, 2013 1:48:00 PM said:

    saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)