TELEMATIKA

A.    Pengertian Telematika

Jika kita mendengar kata “Telematika” maka sebagian orang IT akan langsung berfikir pada telekomunikasi dan informasi. Padahal kata telematika banyak pemahamannya. Seperti :

-          Pada Wikipedia yaitu singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika.
-          Dalam bahasa Prancis “TELEMATIQUE” yang artinya dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
-         Menurut para praktisi Telematika atau “TELEMATICS” adalah singkatan dari "TELECOMMUNICATION and INFORMATICS" yang artinya sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication.
-     Istilah “Telematics” juga dikenal sebagai "the new hybrid technology" yang lahir karena perkembangan teknologi digital.
-          Menurut Telematics Research Group. Telematika adalah istilah untuk mendefinisikan telekomunikasi melalui media informatika.
-          Telematika adalah ilmu pengetahuan dalam bidang komputer yang lebih menekankan pada perpaduan antara bidang Telekomunikasi dan Komputerisasi.
-        Telematika adalah hasil konvergensi (pembauran) antara teknologi informasi (teknologi komputer), teknologi telekomunikasi (komunikasi jarak jauh), dan multimedia.
-         Menurut Kerangka Kebijakan Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia, disebutkan bahwa telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media, dan informatika.
-          Menurut pendapat pemerintah Indonesia, disingkat seperti :
®        Tele  = Tele
®        Ma   = Multimedia
®        Tika = Informatika

Dan banyak lagi istilah yang akan kita jumpai saat kita menelusuri di internet atau membaca buku tentang “Telematika”. Menurut saya sendiri setelah memahami gabungan dari beberapa artikel yang saya baca, “Telematika” itu adalah istilah yang digunakan untuk mendifinisikan Telekomunikasi dan Teknologi informasi atau biasa kita sebut sebagai Informatika.

Selain itu, telematika dapat diartikan sebagai perantara antara sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi melalui multimedia. Telematika juga dapat didefinisikan sebagai komunikasi jarak jauh (tele = jauh) dengan perantaraan media elektromagnetik. Kegunaan telematika antara lain mampu mentransmisikan sejumlah informasi dalam sekejap, menjangkau seluruh dunia dalam berbagai cara, yaitu dengan perantara suara (telepon), huruf, gambar dan data, atau kombinasi diantaranya.

B.     Bidang-bidang yang Terkait pada Telematika

Bidang yang ada pada telematika itu sendiri antara lain untuk menunjang kinerja dari usaha yang kita lakukan. Berbagai macam bentuk tersebut adalah :

  • Bidang Pemerintahan (E-Government)
Bidang Pemerintahan (E-government) adalah suatu kegiatan yang digunakan untuk administrasi pemerintahan dengan media elektronik. Salah satu contoh nyatanya adalah adanya badan yang secara khusus mengurus hal-hal berkaitan dengan telematika yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesi (TKTI). Tim ini bertugas untuk mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori kegiatan dalam rangka meningkatkan perkembangan dan pendayagunaan telematika di Indonesia. Salah satu target dari tim tersebut adalah pelaksanaan sistem pemerintahan secara online dalam bentuk situs di internet. Sehingga dengan adanya situs ini, pemerintah dapat menjalankan fungsinya via internet dan memberikan pelayanan yang transparan serta mudah diakses oleh masyarakat luas.

  • Bidang Perdagangan melalui Elektronik (E-Commerce)
Pengertian dari E-commerce itu sendiri adalah proses jual beli yang dilakukan secara elektronik melalui internet. Proses jual beli yang dimaksud meliputi pemasangan iklan, melakukan pemesanan barang, melakukan pembayaran, sampai mengirim dokumen klaim. Karena e-commerce dapat diakses secara luas di seluruh dunia, maka proses jual beli pun terasa mudah sebab sudah tidak bergantung pada ruang dan waktu. Siapapun dapat membeli barang yang dijual di negara manapun dan kapanpun. Tapi tetap memikirkan dampak negative dari e-commerce yaitu kecurangan ataupun penipuan. Itu juga harus di waspadai dalam penggunaan e-commerce.

  • Bidang Pendidikan (E-Learning)
Bidang Pendidikan (E-learning) adalah suatu dunia pendidikan dari cara konvensional (face to face) ke cara yang lebih terbuka melalui internet. Hal ini dapat terjadi karena adanya teknologi telematika yang dapat menghubungkan pengajar dengan muridnya. Kegiatan seperti memberikan materi belajar, mencari bahan materi, melakukan ujian, mengirim tugas, dan bahkan dapat mengecek nilai secara elektronik. Perkembangan e-learning didukung dengan banyaknya web bernuansa pendidikan yang dibangun sehingga memudahkan pengaksesan pendidikan oleh siapapun dan dimanapun yang ingin belajar tanpa dibatasi oleh umur dan gender.
Contoh pemanfaatannya dalam bidang pendidikan antara lain :
®        Perpustakaan Elektronik
®        Surat Elektronik (email)
®        Ensiklopedia
®        Sistem Distribusi Bahan Secara Elektronis (digital)
®        Tele-edukasi dan Latihan Jarak Jauh dalam Cyber System
®        Pengelolaan Sistem Informasi
®        Video Teleconference
®        Dll.

  • Bidang Penelitian (E-Research)
Bidang Penelitian (E-Research) terdapat pada Digital signal processing, Network programming, Managemen Telekomunikasi: Routing, security, dll. Sentral telepon, router, switch, VoIP dll. Interoperabilitas: pensinyalan, operating system dan data base. Fiber optics, Network performance and Qos. Pengembangan software, dll.


Selain 4 bidang telematika diatas, masih banyak lagi bidang lainnya yang juga berkembang dengan pesat seperti e-medicine, dan sebagainya. Atau pada penjelasan seperti dibawah ini :
  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology). Dan juga bisa sebagai teleconference dan sistem 3G yang banyak dikembangkan pada telepon selular
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).



C.    Pendukung atau Perangkat pada Telematika

Pendukung atau perangkat yang digunakan yaitu pada interface dalam telematika meliputi salah satu nya adalah :

-          Bidang pemerintahan (E-government)
Layanan Kependudukan, Catatan Sipil, SIM, dll.
-          Bidang pendidikan (E-learning)
Informasi Akademik, Pendaftaran Online, dll.
-          Bidang kesehatan (E-medicine)
Respon Kecelakaan, Rekam Medis, Manajemen Sumber Daya, konsultasi Jarak jauh, dll.
-          Aplikasi keselamatan dan keamanan :
SOS, Kontrol Jarak Jauh, Tracking Otomatis, dll.
-          Aplikasi navigasi :
Informasi Trafiki, Cuaca, GPS, dll.
-          Aplikasi komunikasi
Handfree, SMS dan MMS, Video Call, dll
-          Hiburan
Musik, Video, Game, dll.
-          Infrastruktur komunikasi
Untuk mendukung teknologi telematika antara lain adalah jaringan seluler (HP), jaringan Satelit, jaringan Siaran Radio/TV, jaringan Titik Akses, dll.
-          Layanan video conference
Merupakan layanan komunikasi yang melibatkan video dan audio secara real-time. Salah satu contoh fitur yang terdapat pada interface telematika seperti Aplikasi Berbasis Web yang tidak perlu diinstall di setiap client dan bisa dijalankan di sistem operasi apapun (Open System).
-          Pendukung atau perangkat lainnya seperti LCD Proyektor 7 9, Printer LazerJet/DeskJet/BubleJet 25 30, Ploter 1 1, Scanner 4 5, Digitizer, dll.



D.    Keuntungan dan Kerugian dari Telematika

Ø  Keuntungan dari telematika bagi masyarakat antara lain dunia pemerintahan, perdagangan, kesehatan dan pendidikan, bisnis, dan industri yaitu antara lain:

-          Pada bidang pemerintahan (E-government) dapat meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat secara lebih mudah.
-          Pada bidang E-commerce, perekonomian nasional yang ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi internet. Sehingga Indonesia tidak ketinggalan lagi dalam booming perdagangan elektronik (E-commerce).
-          Pada bidang kesehatan (E-medicine) dan bidang pendidikan (E-learning) yaitu secara nyata juga telah memberikan nilah tambah bagi masyarakat luas tentang informasi kesehatan dan pendidikan.
-          Pada bisnis (E-business) yaitu secara nyata dapat menekan biaya transaksi dalam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam versifikasi kebutuhan.
-          Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya.
-          Sebagai core bisnis industry, perdagangan, efisensi dan peningkatan daya saing perusahaan.



Ø  Kerugian dari Telematika :

Kerugian yang di akibatkan dari penggunaan telematika dapat merebak luas pada masyarakat. Kerugian ini akan memunculkan dan merubah pola kehidupan, bekerja, berusaha bahkan merubah falsafah pada bidang-bidang tertentu.

Kerugian yang akan muncul pada penggunaan telematika baik secara langsung maupun tidak langsung, antara lain :
-          Penghematan transportasi dan bahan bakar.
-          Menghindarkan jam-jam yang tidak produktif menjadi lebih produktif.
-          Mengembangkan konsep kegiatan tersebar secara merata ke seluruh daerah.
-          Menyuguhkan banyak pilihan sarana telekomunikasi.

Kerugian lain yang terdapat pada telematika yaitu :
-          Terjadinya tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding, adalah cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk disalahgunakan.
-          Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu. Jika kita tidak waspada dan mudah percaya, maka kita akan tertipu oleh mereka.
-          Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris internasional.
-          Dapat merugikan individu atau perorangan. Contohnya, 5 (lima) orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada sistem komputer beberapa internet retailer.
-          Bisa merugikan perusahaan atau organisasi. Pada tahun 1995, Julio Cesar Ardita, seorang mahasiswa dari Argentina berhasil menyusup dan mengganti (cracking) data sistem yang ada di Fakultas Arts and Science Universitas Harvard.
-          Kejahatan telematika lainnya yang merugikan negara yaitu serangan pengrusakan yang dilakukan oleh hacker asing pada situs Kementrian Keuangan Romania. Serangan ini dilakukan dengan mengganti besaran kurs mata uang Romania sehingga banyak pembayar pajak online yang terkecoh dengan data yang telah diganti tersebut. Sayangnya, kejahatan ini tidak berlanjut ke pengadilan karena tidak adanya hukum yang mengatur tentang kejahatan telematika yang bersifat transnasional.



Sumber :
http://www.kangnanto.com/berita-198-telematika.html

Read Users' Comments (0)

0 Response to "TELEMATIKA"